Mungkin Anda pernah berkali-kali menolak ajakan Agen Asuransi untuk bertemu, mendengarkan sedikit sharing tentang produk Asuransi. Mungkin juga Anda pernah berkali-kali menolak telepon dari telemarketing Asuransi dengan mengatakan masih repot, sudah punya dan sebagainya. Sebenarnya, apakah Asuransi itu penting ? Mari kita belajar lebih lanjut.

Artikel ini dibuat di website AXA Indonesia, website yang menjual dan berisi produk Asuransi AXA Financial khususnya menjual produk asuransi kesehatan AXA Maestro Elite Care. Namun jangan salah paham, apa yang akan saya bahas di bawah ini adalah hal-hal umum mengapa asuransi itu penting untuk dimiliki. Ada 5 alasan mengapa asuransi itu penting.

Sebelumnya kita samakan persepsi dulu, bahwa Asuransi itu terbagi menjadi 2 kategori besar. Asuransi Jiwa / Kesehatan dan Asuransi Umum. Secara luas, Asuransi Jiwa itu adalah produk Asuransi yang menyangkut mengenai jiwa, seperti Asuransi jiwa itu sendiri, Asuransi Kesehatan, Sakit Kritis, Garansi Tabungan dan sebagaina. Asuransi umum adalah jenis Asuransi yang melindungi hal-hal umum seperti mobil, rumah, pabrik dan lain sebagainya.

Beberapa dari Anda mungkin sudah menggunakan Asuransi Umum untuk melindungi mobil, rumah, pabrik atau aset berharga yang lainnya. Dari sini, harusnya Anda sudah bisa mengerti mengapa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa itu penting. Mudahnya seperti ini, untuk Aset yang merupakan benda mati, Anda sadar untuk melindunginya dengan asuransi, mengapa tidak dengan tubuh dan jiwa Anda.

Baiklah, kalau masih kurang jelas, mari kita bahas 5 Alasan Mengapa Asuransi Itu Penting:

  1. Tidak ada satu orang pun yang tidak akan meninggal
    Kalau ada satu orang yang tidak sependapat dengan saya pada poin pertama ini, silahkan menghubungi saya pribadi via sms / email / PIN BB. Saya percaya setiap orang pasti akan meninggal suatu hari. Karena itu, penting untuk memiliki Asuransi Jiwa. Bukan untuk diri Anda, namun untuk melindungi kelanjutan hidup orang yang Anda cintai.
  2. Tidak ada satu orang pun yang tidak pernah sakit
    Sekali lagi saya percaya setiap orang pernah sakit, meskipun untuk poin ini tidak semutlak poin pertama. Namun perkembangan jaman sekarang ini sudah sangat maju, teknologi dan pencemaran berkembang sama pesatnya. Karena itu, hampir 98% orang yang hidup dari masa muda sampai tuanya pernah mengalami yang namanya sakit. Disinlah peran asuransi kesehatan sangat penting untuk membantu meringankan biaya perawatan apabila terjadi penyakit yang mengharuskan pasien untuk opname.
  3. Biaya Kesehatan semakin tinggi tiap tahunnya
    Data menyebutkan tingkat inflasi biaya kesehatan lebih tinggi dari tingkat inflasi ekonomi. Saat ini mungkin uang Anda cukup untuk biaya berobat, namun apakah itu cukup untuk biaya berobat dalam 10 tahun kedepan ? Asuransi membuat kita mampu membayar biaya pengbatan yang mahal di masa depan dengan cuma membayar premi yang kecil sampai seumur hidup.
  4. Asuransi itu membantu mengamankan aset yang sudah Anda bangun
    Anda bekerja selama ini pasti mengumpulkan aset pribadi untuk Anda nikmati pada saat pensiun nanti bersama keluarga, entah itu rumah, mobil, portfolio perusahaan, investasi dan sebagainya. Asuransi membantu Anda untuk mengcover semua cicilan Aset yang Anda ambil saat ini dan memastikannya tetap berlangsung sampai lunas menjadi kepunyaan Anda atau orang-orang yang Anda cintai apabila terjadi resiko meninggal / sakit pada Anda.
  5. Asuransi itu memberikan jaminan untuk orang yang Anda cintai
    Asuransi itu bukan sepenuhnya untuk Anda, melainkan untuk orang-orang yang Anda cintai yang akan Anda tinggalkan. Dapatkah Anda membayangkan apabila seorang kepala keluarga pencari nafkah meninggal dengan meninggalkan hutang perusahaan sebesar 5M tanpa memiliki asuransi jiwa ? Apa yang akan terjadi dengan anak dan istrinya ? Asuransi memastikan keluarga yang ditinggalkan bisa menjalani hidup dengan normal tanpa harus terlilit oleh hutang.]

Dengan membaca Artikel diatas, harapan saya adalah semua orang bisa lebih melek akan pentingnya Asuransi, khususnya untuk usia muda. Saya tidak berharap Anda akan langsung setuju dan membeli produk Asuransi, namun minimal dengarkanlah setiap penjelasan dari Agen Asuransi yang menemui Anda. Kami para Agen Asuransi memiliki kode etik tidak akan memaksa kalau memang Anda tidak berminat, namun kami akan sering memaksa untuk menjelaskan terlebih dahulu terlepas Anda akan beli atau tidak, karena kami tahu pentingnya untuk memilik Asuransi demi melindungi orang-orang yang Anda cintai.